Rabu, 14 Juni 2017

Jelajah Alam di Kabupaten Tasikmalaya-2

1.        Pantai Cimanuk
Pantai Cimanuk merupakan pantai yang langsung berbatasan dengan wilayah Kabupaten Pangandaran. Terletak di Kecamatan Cikalong, Pantai Cimanuk merupakan pantai yang memiliki karakteristik landai dan berpasir halus. Pantai berpasir ini cukup luas sehingga bisa digunakan untuk berjemur disini. Sayang saja pasir pantai ini banyak sampah berserakan hasil dari pembuangan langsung atau dibawa ombak.






Sebagian pantai juga terdapat batuan karang. Di bagian yang berkarang ini, tepat di depannya terdapat pulau kecil yaitu Nusa Manuk atau Pulau Burung.  Di pantai ini juga terdapat batu karang besar. Biasanya pengunjung naik ke atas batu ini dan berfoto ria. Bagus untuk dijadikan obyek foto.

Pantai yang berjarak sekitar 1,5 KM kearah timur dari pantai karangtawulan ini memiliki pesona tersendirii dimana di tempat ini terdapat pulau kecil yang ditengah pulau tersebut ada cusuar. Menurut beberapa informasi dari warga pulau tersebut namanya Nusa manuk, disana dijadikan sebagai spot pemancingan ikan, jadi bagi anda yang suka memancing ikan laut, mungkin tempat ini bisa di jadikan referensi. Yang unik disini adalah adanya batu besar yang tergeletak sejajar dengan Nusa Manuk. Kita bisa memanjat ke atas batu ini dengan tidak terlalu sulit dan dari atas batu ini pengunjung bisa melihat pemandangan pantai Karangtawulan dari kejauhan.



Satu lagi kelebihan Pantai Cimanuk, adalah pantai ini merupakan tempat berbiak penyu hijau. Namun tidak setiap saat, yaitu sekitar bulan Maret hingga Agustus. Jenis penyu yang berbiak di Pantai Cimanuk adalah penyu hijau (Cheonia mydas), penyu lekang (Lepidochelys olivacea) dan juga penyu belimbing (Dermochelys coriacea). Tidak kalah indahnya adalah menyaksikan matahari terbit dan terbenam yang dilatarbelakangi oleh kelap kelip lampu mercusuar yang terletak di pulau terluar Samudra Indonesia ketika hari menjadi gelap.

2.        Pantai Sindangjaya
Pantai Sindangjaya yang terletak di Kecamatan Cikalong dekat dengan muara sungai Cimedang yang banyak memilki batu karang, tebing dan bukit. Di sebelah Barat bukit pantai tersebut terdapat sebuah muara kecil , yaitu muara sungai Cirojeh. Lebih jauh lagi ke dalam, kurang lebih 100 meter dari muara terdapat sebuah laguna (danau pantai). Laguna tersebut cukup luas sehingga dapat digunakan untuk bersampan dan memancing..


Kemudian di sebelah Timur bukit yang berbatasan langsung dengan muara sungai Cimedang, terdapat dataran yang ditumbuhi pohon kelapa. Hamparan dataran ini ditumbuhi rumput, cocok untuk arena perkemahan. Suasana sekitar yang masih asri dan pemandangan indah cukup nyaman sebagai tempat rekreasi.
Sumber foto : http://blogkita-serbaada.blogspot.co.id/p/serba-tasikmalaya.html

Sekitar Pantai Sindangjaya terdapat beberapa tempat cantik untuk dikunjungi. Bagi yang suka bertualang di alam liar, satu tempat wisata alam adalah hutan pantai. Hutan pantai tersebut berada di sepanjang jalan antara Desa Mandalajaya dan Desa Sindangjaya. Seandainya ada perhatian dari pemerintah hutan pantai ini berpotensi menjadi hutan penelitian sekaligus juga sebagai sarana edukasi alam. Tempat lain adalah muara Sungai Cimedang, terdapat pada daerah perbatasan antara desa Sindangjaya dan Desa Kalapagenep. Di sekitar muara terdapat delta dengan nama Nusa Kalapagenep. Tempat di sekitar muara sungai cocok untuk aktivitas kemah.

Pantai Padabumi
Merupakan pantai yang tidak luas sehingga langsung berhadapan dengan perairan yang berombak. Karena karakteristik tersebut pengunjung tidak bisa bermain atau berenang di pantai tersebut. Terlebih pada saat air pasang, pengunjung harus waspada karena bahaya ombak yang sewaktu – waktu bisa menyeret. Ada bagian batu karang yang cukup unik yaitu bentuknya seperti susunan batu bata. Meksipun suasana sekitar masih sepi tetapi pemandangannya cukup elok membuat pengunjung tidak rugi datang ke tempat ini.



Letak lokasi ini di Kecamatan Cikalong, tepatnya setelah Pantai Sindangjaya ke arah Barat. Pantai Padabumi memang belum dikelola tetapi sebagai alternatif tempat singgah tidak ada salahnya karena mudah dijangkau.

3.        Pantai Cidadap Cikalong
Meskipun belum dikenal orang, sesungguhnya alam sekitar pantai ini mendukung untuk menjadi sebagai tempat wisata baru. Pantai Cidadap dekat dengan muara Sungai Ciwulan. Di muara sungai ini ada semacam benteng alam berupa daratan tipis yang sejajar dengan bagian akhir sungai. Tetapi untuk menuju bagian ini medannya sangat sulit dan berbahaya. Lebih masuk ke dalam terdapat endapan besar yang membentuk semacam pulau kecil di tengah sungai.


Pantai Cidadap memang masih jarang dikunjungi orang belum ditata sehingga memberi kesan kurang menarik. Meskipun demikian tetap pantai ini masih layak untuk dikunjungi karena masih asri dan tenang.

4.        Pantai Karang Tawulan
Menyusuri jalur Selatan Jawa Barat tidak pernah memberikan rasa bosan karena di setiap pantai memiliki pesona sendiri. Mulai dari Pantai Pangandaran di ujung sebelah Timur hingga Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi terhampar banyak pantai pantai yang indah – indah. Salah satu bagian pantai yang indah di wilayah Kabupaten Tasikmalaya adalah Pantai Karang Tawulan.
Pantai Karang Tawulan yang terletak di Kecamatan Cikalong, saat ini sudah berbenah. Fasilitas pariwisata dibangun oleh Pemkab Tasikmalaya, sudah cukup nyaman. Tidak kalah dengan Pantai Karang Nini atau Batu Hiu yang sudah populer di Pangandaran. Pantai ini bahkan sudah menjadi destinasi wisata populer, sebagai alternatif wisata pantai lainnya.
Batu karang besar yang dikenal dengan Pulau Batununggal, adalah yang paling populer karena posisinya yang memberikan pemandangan indah. Di atas karang besar tempat dimana wisatawan menikmati pemandangan sudah ditata dengan baik lengkap dengan pagar pembatasnya. Di tempat inilah kita puas – puaskan mengambil gambar, sangat bagus. Terdapat beberapa spot kita bisa mengambil gambar dengan latar belakang Pulau Batununggal. Kalau masih cukup waktu sebaiknya jelajahi pantai berkarang di areal Pantai Karang Tawulan. Masing - masing spot punya keunikan
  




Di seberang pantai adalah pulau karang besar bernama Pulau Batununggal. Pulau ini hanya terdapat mercu suar. Jarak daratan ke pulau sebenarnya tidak jauh, hanya untuk menjangkau ke pulau tersebut harus melalui perairan dengan gelombang ganas. Selain untuk mercusuar, Pulau Batununggal juga sebagai tempat transit para nelayan.
Pantai Karang Tawulan  yang berada di bawah batu karang besar juga tidak kalah indah. Kita bisa menikmati pemandangan Pulau Batununggal dari sisi lain. Sedangkan aktivitas lain hanya sebatas merasakan air laut pada bagian yang berpasir. Apabila berada di daerah berkarang harus menjaga kewaspadaan agar tidak terjebak pada saat datang gelombang besar.




Pantai Karang Tawulan memiliki beberapa lekukan pantai. Di setiap lekukan tersebut memiliki pemandangan tersendiri. Tidak heran untuk tempat berfoto, Pantai  Karang Tawulan memiliki pesona tersendiri. Jelajahilah wilayah Pantai Karang Tawulan, dan di sekitar Pantai Karang Tawulan terdapat beberapa tempat menarik seperti yang tertera di papan informasi sebagai berikut :
a.      Pantai Kalapa Rea : pantai bersebelahan dengan Pantai Karang Tawulan. Ada lapangan rumput luas dan pohon – pohon kelapa
b.      Rorogan Gede : kumpulan batu karang
c.       Cadas Bodas : batu karang besar
d.      Batu Rangkong : batu besar mirip burung rangkong
e.      Lebeng Kuriling
f.        Batu Benteng : kumpulan batu besar seperti benteng
g.      Batu Ipis : kumpulan batu karang berjajar tipis
h.      Goa Lalay : goa kecil
i.        Batu Pancoran
j.        Batu Gedogan
k.       Makam Syekh Sahid Abdul Rahman Rahim. Penyebar agama Islam di wilayah Cikalong






5.        Pantai Cikawunggading





Letak pantai ini bersebelahan dengan pantai Pamayang tepatnya berada di Desa Cikawunggading, Kecamatan Cipatujah. Pantai ini memiliki kekhasan yaitu pantainya sangat dekat sekali dengan muara sungai  Leuwi panjang. Di pantai ini merupakan tempat berlabuh kapal – kapal nelayan. Tentunya dekat dengan pelabuhan nelayan banyak hasil tangkapan laut yang dibawa ke darat. Kita bisa membeli langsung ikan dari nelayan dan kemudian membawanya untuk dimasak di warung – warung makan yang tersebar di perjalanan antara Pantai Pamayang – Pantai Cipatujah.

6.    Muara Sungai Cikabuyutan, Muara Sungai Cipatujah dan Muara Sungai Cipanyerang
Citra Muara Sungai Cikabuyutan
Muara Sungai Cikabuyutan
Sungai Cikabuyutan merupakan batas antara Desa Cipatujah dan Desa Sindangkerta. Muara Sungai Cikabuyutan dekat dengan jembatan jalan, tetapi untuk ke lokasi tersebut harus melewati tanah pertanian masyarakat. Bentuk muara tidak lurus langsung ke pantai tetapi berbelok karena mengikuti bagian daratan pantai yang agak menonjol.
Kita bisa menikmati pemandangan sekitar muara dari beberapa tempat. Aktivitas penduduk sekitar adalah memancing baik peralatan sederhana maupun yang sudah dibuat lebih besar seperti jaring angkat. Pada waktu sore pemandangan di sekitar muara cukup indah, menggambarkan vegetasi di wilayah perairan muara sungai dan pantai di sebelah kanan dan kiri sangat bagus untuk diabadikan dalam kamera

Muara Sungai  Cipatujah


Muara Sungai  Cipatujah bersebelahan langsung dengan Pantai Cipatujah. Di sekitar muara Sungai Cipatujah banyak dijumpai jaring besar dengan sistem angkat. Di tempat ini kita hanya bisa menikmati pemandangan sekitar muara dari sudut pengambilan gambar tertentu. Bagi penyuka fotografi, muara Sungai Cipatujah menjadi tempat yang menarik untuk diabadikan.
Muara Sungai Cipanyerang


Setelah dari jembatan Sungai Cipatujah terus ke arah Barat kita akan berjumpa dengan Sungai Cipanyerang. Seperti halnya muara sungai lainnya, muara Sungai Cipanyerang memberi daya tarik tersendiri bagi penyuka fotografi atau petualang alam. Tentunya aktivitas rekreasi lainnya tidak bisa dilakukan disini. 

7.    Pantai Pamayang
Pantai Pamayang kadang disebut juga Pantai Pamayangsari berada di Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah. Pantai ini dilalui oleh jalan provinsi lintas Selatan sehingga langsung dapat dinikmati oleh pengendara yang melintas. Apabila dari arah Tasikmalaya, letak pantai ini setelah Pantai Sindangkerta. Sedangkan dari arah Pangandaran setelah Pantai Karang Tawulan.




Saat ini di Pantai Pamayang telah dibangun semacam benteng untuk tempat parkir perahu yang melindungi pantai dari ombak laut. Perahu dari laut masuk ke benteng pantai dengan panduan 2 mercusuar yang berada di ujung  pantai. Sarana lain adalah stasiun pengukur pasang surut permukaan laut.
Masyarakat lebih mengenal Pantai Pamayang sebagai tempat penjualan ikan sekaligus kuliner seafood. Memang Pantai Pamayang ramai oleh kehadiran para nelayan yang berlabuh dan menjual hasil tangkapannya di tempat pelelangan yang disediakan. Boleh dibilang, pantai ini merupakan denyut nadi perekonomian Desa Sindangkerta. Dengan demikian aktivitas di pantai ini tidak mengenal hari libur karena selalu ramai oleh masyarakat yang membutuhkan ikan segar. Sebagan besar suplai ikan laut ke Tasikmalaya berasal dari pantai ini.


Kehadiran tempat penjualan ikan tersebut menarik minat pengunjung untuk membeli bahkan memasak di sekitar pantai. Hal tersebut kemudian menjadikan daerah Pantai Pamayang sebagai tempat kuliner seafood. Menurut hemat penulis, rasanya kalau tidak mampir di salah satu warung seafood kurang afdhal. Disamping enak, murah dan segar. Pasti akan berkesan.

Aktivitas wisata lainnya hanya sebatas menikmati pemandangan sekitar pantai atau akitvitas nelayan. Sedangkan untuk bermain – main di pantai dapat dilakukan ke bagian Timur pantai. Di dekat pantai ini terdapat pusat konservasi penyu hijau yang dikelola oleh BKSDA.

8.        Pantai Sindangkerta
Sepanjang wilayah Tasikmalaya Selatan banyak dijumpai pantai – pantai indah nan eksotik. Sebagian sudah dikelola sebagai destinasi wisata dan sebagian masih belum tersentuh. Salah satu pantai yang sudah ditata dengan baik dan sudah dipublikasikan sebagai tempat wisat adalah Pantai Sindangkerta. Pantai Sindangkerta terletak di Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah yang jaraknya tidak jauh, sekitar 4 km dari Pantai Cipatujah.



Sebagai tempat wisata banyak pengunjung yang datang pada hari libur weekend maupun libur nasional. Tidak jarang pada hari libur agak panjang terlebih pada libur hari raya sangat ramai, bahkan lebih ramai dari Pantai Cipatujah. Di bagian depan pantai terdapat lapangan rumput yang sering dijadikan tempat hiburan musiman dimana berbagai wahana sederhana dipasang untuk digunakan pengunjung. Juga ada lapak – lapak jualan baju, aksesoris dan sebagainya.


Apa yang menjadi daya tarik pantai ini. Pertama jenis pantai ini landai sehinga pengunjung cukup aman mandi atau bermain di tempat ini. Meskpun demikian di beberapa tempat lantai lautnya berupa karang yang untungnya tidak tajam. Sebagian besar Pantai Sindangkerta merupakan memiliki hamparan pasir putih yang mempunyai taman laut. Bagian pantai yang mempunyai taman laut tersebut diberi nama Taman Lengsar. Di tempat ini pula pada musim tertentu menjadi tempat habitat penyu untuk menetaskan telur-telurnya.
Pantai Taman Lengsar merupakan objek wisata utama Pantai Sindangkerta. Disebut Taman Lengsar karena struktur pantai yang landai sehingga penduduk menyebutnya ‘lengsar’ yang berarti landai dalam bahasa Sunda. Pada saat pasang Pantai Taman Lengsar terendam air sehingga cocok bagi yang suka berenang. Tetapi pada saat surut kita akan terkesima dengan indahnya karang pantai. Sebagaia penduduk memanfaatkan waktu surut untuk menangkap beberapa ikan-ikan yang terjebak dalam karang seperti ikan hias dan ikan untuk dikonsumsi. Selain itu ikan  penduduk juga memanen rumput laut yang tumbuh di ujung karang yang berdekatan dengan laut lepas.

Pantai Taman Laut


Merupakan bagian dari Pantai Sindangkerta yang berada di sebelah barat pantai Taman Lengsar. Di Pantai Taman Laut terhampar pasir-pasir lembut dan jarang dijamah pengunjung. Menariknya, bagian pantai ini cukup luas yang jaraknya lebih dari 10 meter menuju laut lepas. Tetapi untuk mandi atau bermain – main di tempat ini harus waspada karena ombak besar bisa sekonyong – konyong datang.

Pantai Pamoekan


Pantai Pamoekan terletak di sebelah timur Pantai Taman Lengsar. Memiliki komposisi karakteristik pantai pasir dan karang, pantai Pamoekan menjadi daftar pantai dengan potensi wisata yang bagus untuk dikunjungi. Pantai Pamoekan merupakan salah satu yang menjadi lokasi pemukiman nelayan di daerah Sindangkerta.
Kita akan melihat ‘aquarium’ jika berjalan menyusuri karang yang tengah surut. Beberapa binatang laut yang terjebak  menjadi pemandangan yang indah untuk disaksikan. Ikan, kepiting kecil, dan beberapa binatang laut lainnya terlihat jelas pada lubang-lubang karang baik yang besar maupun kecil. Namun kita perlu berhati-hati karena karang sangat licin oleh tumbuhan laut dan air. Tak hanya itu, kelabang laut, binatang laut yang cukup berbahaya juga menjadi ranjau yang cukup berbahaya.

9.        Pantai Cipatujah
Nama sebenarnya adalah Pantai Pasanggrahan, tetapi orang lebih sering menyebut Pantai Cipatujah karena letaknya tepat di Desa Cipatujah. Desa Cipatujah merupakan induk dari Kecamatan Cipatujah. Pantai Cipatujah merupakan pantai berkarang yang kaya akan terumbu-terumbu untuk ikan-ikan bertelur dan berkembang biak. Keindahan Pantai Cipatujah ditambah dengan gundukan pasir besar dan kemudian hamparan pasir di atas pantai yang landai.


Aktivitas wisata pantai yang biasa dilakukan oleh wisatawan adalah berenang, voli pantai, berjemur, serta memancing di muara sungai Cipatujah. Untuk berenang tempatnya terbatas mengingat ombak di lepas pantai yang cukup besar. Pengunjung harus memperhatikan rambu – rambu tanda bahaya.
Karena letaknya di pusat kecamatan, maka banyak sarana yang tersedia seperti penginapan, warung makan, masjid dan tempat parkir. Disamping itu juga tersedia WC umum untuk mandi bilas selepas berenang di pantai. Untuk makan sea food biasanya orang – orang akan berjalan lagi hingga Pantai Pamayang karena lebih banyak pilihan ikan.

Pada waktu tertentu diselenggarakan balap kerbau. Mirip – mirip karapan sapi di Madura. Tempatnya di bagian Pantai Cipatujah sehingga mengundang minat pengunjung untuk melihatnya. Peserta balapan tersebut adalah penduduk setempat.

10.        Pantai Ciheras
Pantai – pantai di Tasikmalaya membentuk garis pantai yang lurus memanjang mulai dari perbatasan Pangandaran sampai ke arah barat yakni perbatasan garut. Pantai-pantai yang terkenalnya adalah Karangtawulan, Pamayangsari, Sindangkerta, dan juga Cipatujah. Selain jajaran pantai yang indah, ternyata ada pantai lain yang cukup indah yaitu Pantai Ciheras. Tepatnya masih di Kecamatan Cipatujah yakni berada 2 km sebelah barat dari lokasi wisata pantai Cipatujah tepat setelah jembatan ke 2 sebelah kiri.





Keunikan pantai ini adalah terdapat 2 gundukan besar seperti gurun pasir. Gundukan pasir tersebut adalah bekas penambangan pasir besi yang dibiarkan begitu saja karna adanya penghentian penambangan oleh pemerintah daerah karena menyebabkan kerusakan kondisi alam pesisir selatan. Tempat ini sangat eksotis dan indah terdapat karena gundukan pasir agak tinggi dekat dengan laut sehingga sangat bagus sekali pemandangannya. Benar – benar memanjakan para photograper untuk mengambil foto atau hanya sekedar bernarsis ria.





Bila anda ingin melihat sunset yang sempurna datanglah ke tempat ini. Karena letaknya yang lurus sejauh mata memandang ke arah horizon membuat kita seperti sedang menonton teater sunset. Belum lagi kehadiran dua gundukan besar pasir akan menginspirasi para fotografer, profesional atau amatir untuk bereksperimen foto disini.Sunset akhir tahun di Pantai Ciheras menawarkan pemandangan yang luar biasa. Kita bisa melihat menit demi menit matahari jatuh dan tenggelam di ufuk dengan jelas. Pandangan horizon yang luas dan tanpa penghalang, suasana yang sepi benar - benar memberi kepuasan tersendiri


11.        Pantai Bubujung
Perjalanan menyusuri pantai Selatan Jawa Barat selalu menemukan pemandangan yang memukau baik dari segi bentang alamnya maupun obyek spesifik di pantai. Pantai Bubujung yang berada di sisi jalan provinsi termasuk yang memiliki obyek spesifik. Di bagian utama pantai terdapat sekumpulan batu besar dengan bentuk yang unik. Jarang sekali pantai yang memiliki batuan seperti ini. Sementara pasir pantai menghampar luas sangat ideal untuk bermain – main di areal ini. Sedangkan untuk aktivitas renang perlu menjaga kewaspadaan mengingat tipe pantai yang agak menjorok ke perairan sehingga dikhawatirkan digulung ombak besar.


Pantai Bubujung terletak di pinggir jalan raya nasional Tasikmalaya – Garut, tepatnya di wilayah Desa Ciheras, ke. Bila dari arah Tasikmalaya letaknya setelah Pantai Ciheras. Sebelum masuk Pantai Bubujung terdapat rawa dan muara yang indah. Deretan pepohonan mengelilingi rawa yang airnya bening tersusun indah. Pastikan untuk berfoto ria di tempat ini.



Selain batuan besar, Pantai Bubujung juga memiliki pepohonan besar, hamparan rumput dan pasir halus. Semuanya menjadi paket lengkap keindahan Pantai Bubujung. Ada baiknya kita bawa perbekalan sendiri karena tidak ada warung di dekat pantai kecuali bila musim liburan muncul penjual minuman dan makanan ringan dadakan. 



Janji Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akan mengembangkan obyek wisata ini baru sebatas rencana. Memang sudah ada bangunan yang nampaknya akan digunakan sebagai tempat loket masuk. Tapi setelah itu tidak ada penataan atau fasilitas penunjang pariwisata. Sayang sekali, padahal potensi pantai ini sangat besar untuk menjadi destinasi wisata.

12. Pantai Cikangean
Pantai Cikangean bagian dari rangkaian akhir dari pantai - pantai di Kabupaten Tasikmalaya. Terletak di Desa Ciheras, Kecamatan Cipatujah, Pantai Cikaengan memang berada pada lingkungan sekitar yang relatif sangat sepi. Meskipun sepi tetapi pemandangannya tidak kalah indah dengan pantai – pantai lain sepanjang pesisir Selatan. Sebenarnya Pantai Cikaengan menyambung dengan Pantai Cihanura, tetapi karena panjang dan masing – masing tempat ada pemandangan spesifik sehingga perlu diberi nama masing – masing. Keindahan lainnya adalah hamparan pasir yang luas dan pepohonan yang rindang.





Selain itu, Pantai Cikaengan mempunyai menara mercu suar yang menjulang tinggi lebih dari 10 meter. Apabila air surut menara itu tampak berdiri kokoh di tengah pantai. Sebaliknya apabila air surut, tampak menara tersebut seperti raksasa berdiri hendak menuju pantai. Bagi yang hendak mencoba memanjat harus berhati – hati karena tidak tersedia pengaman. Yang jelas, keindahan pantai ini harus dinikmati apabila kebetulan melintas di jalur Selatan Tasikmalaya.




13.        Pantai Cihanura
Kenikmatan menjelajahi pantai wilayah Tasikmalaya ditutup dengan kunjungan ke Pantai Cihanura. Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Cikangean menjadi pembatas dengan wilayah pantai Garut Selatan. Setelah pantai ini memang masih ada sedikit wilayah Tasikmalaya dan kemudian memasuki wilayah Garut Selatan. Pantai Cihanura pantas menjadi penutup jajaran pantai di Tasikmalaya karena kekhasan pantai ini yang menjadi pertemuan muara sungai dengan pantai. Disini muara sungai yang dangkal perlahan menyatu dengan pantai dan kemudian perairan laut. Sementara batuan besar berada di sisi Barat muara sungai. Bagian Timur muara bersatu dengan hamparan pasir pantai.





Untuk yang suka berfoto ria akan banyak ditemukan spot – spot menarik . Namun harus diingat pada saat sore harus memperhatikan kapan saatnya harus meninggalkan daerah berbatuan. Sebab sekali air sudah pasang dengan kedalaman sekitar 1 meter akan menyulitkan untuk menyeberang ke bagian daratan pasir.




1 komentar:

  1. Terimakasih infonya jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2MZshrf

    BalasHapus